Misapplying Expected Value Calculations Dec 2022

Pot-Limit Omaha Hand Quiz Oct 2022

Sebuah permainan yang dipertanyakan
Ada argumen lama di dunia poker antara orang-orang matematika dan orang-orang insting. Saya selalu menjadi pendukung sisi matematika, karena setiap keputusan yang dibuat dalam poker memiliki landasan matematika yang mendasarinya (disadari atau tidak). Tentu saja, saya juga menulis buku berjudul Peluang dan Peluang Texas Hold’em, jadi saya mungkin bias. Beberapa pria naluriah akan mengatakan bahwa Anda kadang-kadang harus membuang matematika ke luar jendela, tetapi mereka kehilangan intinya. Jika insting Anda membuat Anda merasa lawan menggertak, Anda meningkatkan kemungkinan lawan Anda menggertak dalam perhitungan matematis. Jika naluri Anda memberi tahu Anda bahwa lawan Anda memiliki kacang, Anda meningkatkan kemungkinannya dalam perhitungan. Banyak pemain tidak tahu bahwa mereka menggunakan matematika, tetapi naluri dan pengalaman mereka membuat mereka mendekati apa yang akan disimpulkan oleh perhitungan matematis.

Karena itu, saya ingin membahas permainan matematika tertentu yang semakin sering saya lihat, dan itu salah satu yang salah diterapkan oleh banyak pemain. Saya tidak yakin siapa yang memulai ini atau kapan ini dimulai, tetapi seseorang melakukan perhitungan matematis yang menunjukkan bahwa Anda dapat secara menguntungkan mendorong berbagai macam tangan saat menghadap ke atas dengan 20 tirai besar. Selain itu, perhitungan menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan ini dengan kartu menghadap ke atas dan permainan akan tetap menguntungkan (dengan demikian menyiratkan bahwa lawan Anda kemungkinan akan melipat rentang yang lebih ketat, membuat permainan menjadi lebih menguntungkan). Skenario tipikalnya adalah ini: Dilipat ke blind kecil, dan tumpukannya adalah 20 blind besar. Kata itu keluar, dan sekarang Anda akan melihat dia mendorong 20 tirai besarnya dengan tangan yang sangat lemah.

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa profitabilitas perhitungan atau tolok ukur 20 tirai besar ini bergantung pada berbagai faktor. Seberapa kuat tanganmu? Seberapa besar antes dibandingkan dengan tirai? Dalam kehidupan nyata, tangan Anda tersembunyi, jadi perhitungannya perlu mengetahui rentang tangan yang akan dipanggil oleh lawan Anda. Beberapa akan memanggil dengan longgar, sementara yang lain akan sangat ketat. Ada pertimbangan lain, seperti ukuran tumpukan lawan Anda, yang mungkin memengaruhi jangkauan panggilannya. Ada pertimbangan gelembung. Saya tidak ingin memperdebatkan manfaat perhitungan di kolom ini, tetapi tolok ukur 20 tirai besar adalah angka arbitrer yang tidak berlaku di setiap situasi. Anda dapat berargumen bahwa mendorong memiliki EV positif [expected value] untuk rentang bahkan jauh lebih tinggi dari 20 tirai besar dalam kasus tertentu.

Kita juga perlu memahami perbedaan antara chip EV dan $EV. Hanya karena, secara rata-rata, Anda dapat meningkatkan tumpukan Anda, kurva ekspektasi ini dapat menurunkan ekuitas turnamen Anda, atau $EV.

Salah penerapan pertama dari drama ini adalah hanya karena sebuah drama memiliki EV positif, bukan berarti Anda harus membuatnya. Anda harus selalu memilih permainan yang memiliki EV paling menguntungkan. Sekadar berbicara ekstrem, meskipun mendorong semua dengan AA dan 300 tirai besar memiliki EV positif, bukan berarti Anda harus melakukannya. Misalnya, jika Anda menghadapi pemain pasif-ketat, permainan EV yang lebih tinggi mungkin menaikkan tiga kali lipat dari big blind. Jika Anda menghadapi pemain gagal yang buruk, permainan yang lebih baik adalah menelepon dan bertaruh minimum setiap kegagalan. Intinya adalah, Anda perlu mengevaluasi situasi Anda melawan lawan tertentu pada momen tertentu dalam sebuah turnamen. Jika Anda menghadapi lawan yang tangguh saat duduk di meja yang sulit di mana Anda memiliki sedikit keunggulan, mendorong semua mungkin merupakan permainan terbaik. Namun, jika Anda berada di meja yang sangat lemah dengan lawan yang lemah di big blind, mungkin ada permainan yang lebih baik.

Kesalahan umum kedua dari permainan ini adalah ketika Anda memiliki lebih dari 20 tirai besar dan lawan Anda memiliki 20 tirai besar. Dalam hal ini, Anda secara efektif memiliki setumpuk 20 tirai besar, dan saya melihat banyak pemain membuat permainan yang sama berdasarkan “matematika” yang memiliki EV positif. Namun, ini adalah kesalahan besar, karena Anda harus melihat perspektif global tentang bagaimana hasilnya akan memengaruhi hasil turnamen Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki 40 tirai besar, mengambil tirai dan antes akan menambah tumpukan Anda menjadi 42 atau 43 tirai besar. Tirai ekstra itu tidak akan berdampak besar pada strategi yang dapat Anda gunakan di masa depan. Namun, ketika lawan Anda memanggil dan Anda kalah, tumpukan Anda sekarang lumpuh, karena Anda akan memiliki 20 tirai besar, yang menghilangkan kemampuan Anda untuk memainkan pot pasca gagal. Keripik yang Anda kalahkan dalam sebuah turnamen jauh lebih berharga daripada keripik yang Anda peroleh.

Selama turnamen World Series of Poker tahun lalu, saya melihat seorang pemain mendorong offsuit 9-3 dari small blind. Tirainya 100-200 tanpa ante. Dia memiliki 6.000 chip dan lawannya memiliki 2.000 chip. Lawannya memiliki 9-9, dan dia kehilangan sepertiga dari tumpukannya dalam sekejap. Mengevaluasi permainan ini, ada tiga hasil akhir untuk pemain ini. Sering kali, dia meningkatkan tumpukannya dari 6.000 menjadi 6.300. Saat dipanggil, sebagian besar waktu dia akan kalah dan berakhir dengan tumpukan 4.000. Kadang-kadang, tangannya akan menang dan dia akan meningkatkan tumpukannya dari 6.000 menjadi 8.000. Masalah besar di sini adalah bahwa meningkatkan tumpukannya dari 6.000 menjadi 6.300 tidak banyak meningkatkan ekuitas turnamennya, tetapi naik dari 6.000 menjadi 4.000 sangat mengurangi EV turnamennya.

Situasi lain terjadi pada saya baru-baru ini di turnamen online. Lawan saya di blind kecil memiliki tumpukan besar sekitar 60 blind besar. Saya memiliki 20 tirai besar dan kami mendapat uang, jadi antes telah masuk. Dia mendorong dengan offsuit J-3. Dia biasanya akan beralih dari 60 tirai besar menjadi 62 atau 63 tirai besar, tetapi ketika saya menelepon, dia adalah anjing besar dan cenderung turun menjadi 40 tirai besar, sangat memengaruhi ekuitasnya di turnamen.

Tentu saja, kedua pemain dalam contoh ini memiliki tangan yang sangat lemah, tetapi intinya adalah mereka tidak memikirkan hasil akhir dari permainan mereka. Bahkan jika mereka dapat berargumen bahwa permainan mereka memiliki EV chip yang positif, kurva ekspektasi ini sedemikian rupa sehingga EV turnamen mereka menurun. Masalahnya adalah ketika mereka kalah, kerusakannya sangat merugikan mereka, lebih dari apa yang mereka peroleh hanya dengan mengambil beberapa tirai dan taruhan. Bahkan ketika lawan mereka memanggil dan mereka menarik keluar, chip yang diperoleh tidak bernilai hampir sama dengan chip yang hilang.

Sangat bagus untuk menemukan permainan yang tidak dapat dieksploitasi, tetapi melawan pemain yang dapat dieksploitasi, kemungkinan ada permainan yang lebih baik. Selalu pastikan bahwa Anda memilih strategi yang paling menguntungkan sambil memperhatikan gambaran global.

Sebuah artikel tindak lanjut diterbitkan beberapa bulan kemudian membahas topik yang sama. Lihat Salah Menerapkan Nilai yang Diharapkan Bagian II.

Peringkat rata-rata: 0 ulasan

Author: Daniel Butler