Info Kesehatan

Manfaat Air Cucian Beras

Manfaat Air Cucian Beras

Manfaat Air Cucian BerasManfaat Air Cucian Beras.- Beras mengandung karbohidrat yang tinggi. Sangat mungkin karbohidrat ini terdegradasi saat mencuci. Hipotesa awal, saat disiramkan ke tanaman, karbohidrat akan terpecah menjadi unsur yang lebih sederhana dan memberikan nutrisi bagi mikroba yang menguntungkan bagi tanaman. Meskipun saya belum mengetahui apa mikroba yang diuntungkan dengan kandungan karbohidrat air leri ini. Menarik jika ada yang meneliti.

Air beras mengandung banyak mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh. Seperti kandungan asam amino, vitamin, minetral, dan antioksidan. Beras juga memiliki kandungan zat oryzanol yang dipercaya mampu memperbarui pembentukan pigmen melanin serta menetralisir dampak buruk sinar ultraviolet.

Beras juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, membersihkan kulit, memutihkan kulit, hingga menguatkan rambut. Dengan manfaat tersebut, tidak heran jika banyak sekali produk kecantikan yang di dalamnya terkandung air beras, seperti kosmetik tabir surya, lotion kulit, perona bibir, bedak, kondisioner rambut, dan produk kecantikan lainnya.

Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Untuk mendapatkan air beras tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencuci beras dan memisahkan airnya ke dalam wadah bersih.

Cucilah beras yang telah dimasukkan pada wadah dengan air, lalu saringlah air cucian beras dengan saringan pada wadah untuk menyimpan air beras. Kemudian masukkan air beras yang telah disaring ke dalam botol atau wadah.

Diamkan hingga mengendap, dan pakailah endapan air beras tersebut sebagai masker. Untuk penggunaan air beras, batas waktu pemakaian adalah 1 minggu dari pembuatan jika air beras disimpan dalam kulkas.

Manfaat Air Cucian Beras

Berikut Manfaat Air Cucian Beras untuk kesehatan dan kecantikan :

Sebagai masker wajah
Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Air beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah, dengan cara celupkan kapas pada air beras yang telah diendapkan sebelumnya, lalu tepuk – tepukkan pada daerah wajah yang ingin kamu bersihkan. Lakukan dua kali sehari.

Air beras juga dapat dicampur dengan madu dan dioleskan beberapa saat pada wajah, akan membersihkan wajah dan menghaluskan kulit wajah dengan sempurna. Hasilnya akan membuat wajah Kamu tampak bersinar.

Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah pada wajah, sekaligus sebagai antioksidan buat kulit. Lakukan therapy ini dua kali sehari sampai terlihat hasilnya.

Baca juga : Suplemen Pencerah Wajah Yang Alami

Sebagai lulur pembersih badan
Campurkan air beras dengan pasta almond, lalu balurkan ke seluruh tubuh. Ini akan membuat kulit kamu menjadi halus dan kencang.

Mencerahkan bibir yang gelap
Air beras dapat membantu mencerahkan warna bibir kamu. Bila Kamu memiliki bibir yang gelap, gunakan air beras dengan cara mengoleskannya ke bibir. Lakukan berulangkali untuk mendapatkan hasil terbaik.

Membantu mengurangi dampak sinar matahari
Bila kulit kamu terbakar matahari, oleskan air beras dingin ke bagian kulit yang terbakar tersebut. Hal ini berfungsi untuk mendinginkan dan membantu proses penyembuhan pada kulit yang terbakar.

Menjaga kesehatan jantung
Air beras beras merah mengandung vitamin E serta magnesium yang berfungsi untuk menyehatkan jantung. Bila Kamu mengkonsumsi secara teratur, air beras ini akan mengurangi resiko terkena stroke dan masalah-masalah yang berkaitan dengan jantung karena mengandung antioksidan.

Baca juga : obat jantung bengkak

Menjaga keseimbangan kolesterol
Air beras beras merah mengandung semua manfaat yang ada dalam beras, kecuali laktosa. Karena mengandung banyak serat, air beras ini amat baik bagi keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Imunitas
Bila dikonsumsi secara teratur, maka air beras beras merah akan meningkatkan sistem imunitas tubuh Kamu, karena air beras mengandung mineral dan vitamin.

Membantu mengurangi berat badan
Air beras mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan tubuh namun rendah kalori. Dengan demikian mengkonsumsi air beras bisa dijadikan alternatif susu untuk mengurangi berat badan.

Mengobati Diare
Air cucian beras juga bisa dijadikan air tajin untuk digunakan mengobati diare bayi atau balita. Namun air beras perlu dimasak terlebih dahulu sampai mendidih. Air tajin berkhasiatnya lebih baik dari oralit disebabkan mengandung glukosa polimer yang mudah diserap, serta kadar glukosanya yang cukup tinggi bisa mempermudah penyerapan elektrolit. Air tajin juga terdapat kandungan protein sekitar 7-10 %.

Perawatan Rambut
Nutrisi yang terdapat dalam air beras berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim.

Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut. Caranya, setelah menggunakan shampo, cuci rambut dengan air beras dan biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Ini akan membuat rambut sehat berkilau dan tampak indah.

Untuk mengurangi rambut bercabang, celupkan ujung rambut dalam semangkuk air beras. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas rambut hingga bersih. Air beras dapat membantu menutrisi rambut secara optimal.

Mengontrol minyak berlebih di wajah
Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak di wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

Demikianlah artikel tentang Manfaat Air Cucian Beras untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *