Press "Enter" to skip to content

Makanan Penambah Darah Terbukti Efektif

ADMIN 0

Makanan Penambah Darah Terbukti Efektif

Makanan Penambah Darah Terbukti EfektifMakanan Penambah Darah Terbukti Efektif.- Kurang darah sering juga disebut Anemia merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah yang menurun di dalam darah dan ini sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut dan biasanya ditandai dengan tubuh terasa lemas, pucat dan tak bertenaga, dan tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari.

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak sel darah merah yang jumlahnya bisa sampai jutaan bahkan miliaran sel, di dalam sel darah merah juga terdapat hemoglobin yang membuat darah menjadi berwarna merah serta memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Seorang wanita lebih beresiko terkena kurang darah dikarenakan saat haid darah terbuang secara teratur setiap bulannya.

Ciri – ciri dan gejala kurang darah (anemia)

1. Pucat pada bagian dalam kelopak mata
Penderita anemia biasanya memiliki salahsatu ciri yang timbul yaitu pada bagian daerah mata. Bisa dilihat dengan cara meregangkan bagian bawah pada kelopak mata kemudian dilihat dengan seksama jika bagian bawah berwarna pucat maka bisa saja itu merupakan salah satu ciri gejala anemia.

2. Merasa Cepat Lelah
Jika seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang rendah biasanya akan cepat merasakan lelah ini diakbiatkan oksidasi dalam tubuh berkurang jika sel darah merah pada tubuh berkurang. Oksidasi ini berpengaruh pada energi tubuh yang dihasilkan dan digunakan untuk beraktivitas.

3. Merasakan sakit kepala
Salahsatu yang sering terjadi pada penderita anemia adalah sering merasakan sakit kepala secara terus-menerus, ini disebabkan kurangnya oksigen yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh penderita. Sehingga penderita akan sering merasakan sakit pada bagian kepala seperti pusing-pusing.

4. Mengalami Palpitasi
Pada penderita anemia mengalami ciri lainnya yaitu palpitasi. Palpitasi adalah sebuah istilah dalam medis yaitu gejala denyut jantung yang tidak teratur, memiliki kecepatan yang tidak normal dan terlalu kuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh, yang berakibat pada peningkatan denyut jantung dan menyebabkan denyut jantung berdebar tidak teratur dan juga cepat.

5. Ujung jari berwarna pucat dan putih ketika ditekan.
Ciri penyakit anemia lainnya adalah dengan melakukan tes sederhana menekan ujung jari. Jika pada orang normal ketika ujung jari ditekan akan memerah, berbeda halnya dengan seseorang yang menderita anemia. P

Makanan Penambah Darah Terbukti Efektif

Berikut makanan yang terbukti efektif atasi kurang darah :

  • Zat besi, beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya sayuran hijau, buah kering, daging sapi, sereal dan kacang-kacangan terutama kacang almond.
  • Vitamin B12, beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 diantaranya produk susu, produk kedelai, sereal dan daging.
  • Vitamin C, beberapa buah-buahan yang kaya akan vitamin C diantaranya jeruk, buah berry dan melon selain itu membantu proses penyerapan zat besi.
  • Asam folat, beberapa makanan yang kaya asam folat diantaranya sayuran hijau, jeruk, pisang, sereal dan pasta serta kacang-kacangan.

Itulah Makanan Penambah Darah yang Terbukti Efektif atasi kurang darah (anemia). Semoga sajian kali bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Obat Darah Tinggi Tradisional yang Mujarab

Makanan Penambah Darah Terbukti Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *