Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional

Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional

Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat TradisionalKandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional.- Kunyit Memiliki Nama latin Curcumae Domesticae Rhizoma, terkadang di masyarakat kita kunyit di sebut juga dengan nama Kunir, merupakan salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar..

Khasiat kunyit sudah tidak diragukan lagi, Hal tersebut sangat wajar mengingat kunyit memiliki banyak mengandung zat-zat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Secara medis kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkuminoid merupakan faktor penting dalam pengobatan, senyawa tersebut terdiri dari dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%.

Selain itu terdapat pula zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang berkomposisikan Keton sesquiterpen, felandren , sabinen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, borneol dan sineil. Selain kandungan tadi kunyit juga mengandung Protein 30%, Vitamin C 45-55%, Lemak 1 -3%, Karbohidrat 3%, Pati 8%, dan garam-garam mineral yaitu kalsium, fosfor dan zat besi.

Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional

Mencegah Kanker dan Tumor
Kanker terbentuk akibat adanya sel yang bermutasi akibat radikal bebas serta racun yang masuk kedalam tubuh dan tidak mampu di netralisir. Agar radikal bebas dan racun bisa di netralisir maka bisa memanfaatkan kunyit yang kaya akan kurkumin sebagai antioksidan. Antioksidan mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Baca : Obat Herbal Kanker Hati

Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes
Kurkumin yang ada pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari.

Baca : 10 Makanan Super untuk Penderita Diabetes

Mengurangi Resiko Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada otak. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi kunyit memiliki resiko lebih kecil terkena Alzheimer.

Baca : Obat Stroke Tradisional

Mengobati Tifus dan Radang Lambung
Kandungan kunyit yang kaya akan zat bermanfaat termasuk mengatasi luka pada lambung serta mengobati penyakit tifus.

Baca : Cara Mengobati Radang Lambung

Mengatasi Radang Persendian
Ternyata kandungan kurkumin pada kunyit juga bermanfaat sebagai Anti-inflamasi atau anti-radanf. Sehingga akan sangat bermanfaat sebagai obat bagi mereka yang menderita penyakit radang sendi.

Baca : Tips Mengobati Pengapuran Tulang Sendi Lutut

Mengatasi Kolstrol Jahat (LDL) Dalam Tubuh
Kolestrol jahat atau LDL sangat berbahaya bgai tubuh. Kolsetrol yang satu ini dapat memicu berbagai penyakit seperti radang pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, jantung, dan penyakit kolestrol lainya. Kandungan kunyit dipercaya mampu mengatasi kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh sehingga mengurangi resiko terserang penyakit akibat kolestrol.

Baca : Penyebab Trligserida Tinggi

Mengobati Luka dan Mencegah Infeksi
Kunyit juga kaya akan zat anti septik yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dan mencegak infeksi pada luka. Sehingga mampu membunuh bakteri pada luka dan membuat luka cepat kering.

Baca : Cara Menyembuhkan Luka di Lambung

Itulah Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional yang dapat kami sampaikan. Terima kasih Anda sudah meluangkan waktu berkunjung ke website kami, semoga Informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk Anda.

Kandungan dan Manfaat Kunyit sebagai Obat Tradisional

Simpan