Info Kesehatan

Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4

Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4

Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4.- Wasir merupakan penyakit yang sangat menggangu sekali, apalagi bagi pekerja kantoran yang setiap harinya harus duduk di depan komputer. Penderita wasir biasanya akan merasakan tidak nyaman saat sedang duduk, apalagi jika sudah memasuki stadium lanjut itu akan sangat menyakitkan sekali. Mengetahui gejala awal wasir dan tingkatan wasir sangat penting sekali, agar bisa melakukan tindakan pencegahan.

Wasir atau Ambeien

OKEZONE.com Wasir atau Ambeien terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus dan dubur. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya keturunan. Namun, ada juga faktor pencetus lainnya yang bisa memicu terjadinya wasir. Mulai dari masalah konstipasi, sering mengangkat beban berat, serta kurang serat saat menjalankan program diet.

Para ahli pun mengklaim, alergi makanan, kecerobohan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan wasir. Banyak orang salah mengartikan perubahan pola buang air besar dan sakit pada dubur sebagai gejala sembelit. Padahal, gejala- gejala tersebut bisa menandakan kondisi yang lebih parah.

Menurut Dr Rajiv Shandil, Konsultan Senior dari Fortis Escorts Liver and Digestive Diseases Institutes, New Delhi, gejala-gejala tersebut mungkin saja pertanda wasir. Lalu, apa saja gejala-gejala dari wasir?

Gejala awal wasir biasanya adalah rasa panas di anus saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas tersebut akibat penekanan pada pembuluh darah vena yang sudah mulai membesar.

Baca : obat wasir tradisional menyembuhkan wasir stadium 1-4 secara total

Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4

Menurut Dr.Panondang Panggabean, spesialis bedah dari klinik Rumah Wasir di Bekasi, mengatakan ada 4 stadium wasir. KOMPAS.com

Stadium 1, sering ditemui darah saat BAB karena feses keras. Pembuluh vena di sekitar anus ini sangat tipis dan mudah pecah sehingga bisa saja terjadi perdarahan.

Stadium 2, akan muncul tonjolan yang keluar dari anus.  Jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Bila tonjolan masih dapat dimasukkan secara spontan ke dalam anus, berarti wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan,” kata Panondang.

Stadium 3, biasanya tonjolan akibat pembesaran pembuluh darah tersebut harus dibantu dimasukkan dengan menekan atau mendorongnya. “Di stadium satu sampai tiga biasanya tidak ada keluhan nyeri,” katanya.

Stadium 4, biasanya akan mengalami nyeri dan tonjolan sehingga terasa tidak nyaman untuk duduk.

Dr.Panondang Panggabean, menjelaskan, pada wasir stadium 1 dan 2 biasanya terapinya cukup dengan obat-obatan dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat agar feses tidak terlalu keras. Namun jika wasir sudah stadium 3 dan 4 biasanya diperlukan tindakan operasi.

Itulah Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4 yang dapat kami informasikan. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat dan membantu Anda. Kunjungi terus website Ahlinya Pengobatan Herbal dapatkan informasi menarik setiap harinya.

Gejala Wasir Stadium 1,2,3 dan 4

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *